Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum Di SMPN 1 Duhiadaa

Authors

  • Darmawati Universitas Pohuwato

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen kurikulum memegang peranan krusial dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kepala sekolah dapat memimpin pengelolaan kurikulum di sekolah, yang mencakup perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulum. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini meninjau teori-teori kepemimpinan pendidikan dan praktik terbaik dalam manajemen kurikulum. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepala sekolah harus memiliki visi yang jelas, keterampilan komunikasi yang baik, serta kemampuan untuk mengelola perubahan kurikulum yang berkelanjutan. Selain itu, kepala sekolah perlu melibatkan seluruh stakeholder pendidikan, termasuk guru, siswa, dan orang tua, untuk menciptakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan kurikulum yang relevan dan memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan dalam manajemen kurikulum.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Manajemen Kurikulum, Pendidikan, Implementasi Kurikulum

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Darmawati. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum Di SMPN 1 Duhiadaa. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 731–742. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/223