Strategi Meningkatkan Literasi Bahasa Indonesia di Kalangan Anak Anak
Abstract
Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan fondasi penting dalam perkembangan kognitif dan sosial anak-anak. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terdapat penurunan minat dan kemampuan anak-anak dalam menggunakan bahasa Indonesia secara optimal, terutama di tengah arus globalisasi dan dominasi bahasa asing. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji berbagai strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia di kalangan anak-anak. Metode yang digunakan adalah Literature Riview dengan menganalisis berbagai penelitian terdahulu dan praktik pembelajaran bahasa di sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang paling efektif meliputi integrasi permainan edukatif berbasis bahasa, Diperoleh kesimpulan bahwa Bahasa Indonesia berperan membetuk karakter dan kepribadian Indonesia melalui penggunaan bahasa Indonesia seperti berbicara, mendengar, membaca dan menulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar.
Kata kunci: bahasa Indonesia, anak-anak, strategi pembelajaran, literasi, pendidikan dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.