Strategi Kreatif Mengajar IPA di sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Abdulrahman Universitas Pohuwato
  • Ulan Bidi Universitas Pohuwato

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar untuk inovasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran IPA yang efektif di era Kurikulum Merdeka. Dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah, artikel ini menyimpulkan bahwa pendekatan berbasis proyek (project-based learning), pembelajaran kontekstual, serta integrasi teknologi menjadi strategi utama yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Strategi ini juga mendukung pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dan pembelajaran berdiferensiasi. Temuan ini dapat menjadi rujukan bagi guru SD dalam menyusun rencana pembelajaran yang adaptif dan inovatif.

Kata kunci: strategi pembelajaran, IPA SD, Kurikulum Merdeka, project-based learning, literasi sains

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Abdulrahman, A., & Bidi, U. (2025). Strategi Kreatif Mengajar IPA di sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 574–579. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/202