Strategi Kreatif Mengajar IPA di sekolah Dasar
Abstract
Penerapan Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar untuk inovasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran IPA yang efektif di era Kurikulum Merdeka. Dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah, artikel ini menyimpulkan bahwa pendekatan berbasis proyek (project-based learning), pembelajaran kontekstual, serta integrasi teknologi menjadi strategi utama yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Strategi ini juga mendukung pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dan pembelajaran berdiferensiasi. Temuan ini dapat menjadi rujukan bagi guru SD dalam menyusun rencana pembelajaran yang adaptif dan inovatif.
Kata kunci: strategi pembelajaran, IPA SD, Kurikulum Merdeka, project-based learning, literasi sains
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.