Identifikasi Dan Analisis Kesalahan Umum Dalam Penulisan Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa

Authors

  • Siti Dzullehah I. Ntuuamahi Universitas Pohuwato
  • Fairus Suryani Munir Universitas Pohuwato

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan umum dalam penulisan bahasa Indonesia yang dilakukan oleh mahasiswa. Kesalahan dalam penulisan sering terjadi akibat kurangnya pemahaman terhadap kaidah kebahasaan, seperti ejaan, tata bahasa, diksi, dan kohesi antar kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis kesalahan berbahasa. Data dikumpulkan melalui studi dokumen terhadap tulisan mahasiswa dalam berbagai bentuk, seperti esai, laporan, dan makalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering ditemukan meliputi penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), kesalahan dalam pemilihan kata, ketidaktepatan dalam penggunaan imbuhan, serta ketidaksejajaran subjek dan predikat dalam kalimat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan ini antara lain kurangnya penguasaan kaidah bahasa Indonesia, pengaruh bahasa daerah atau bahasa asing, serta kebiasaan menulis yang kurang terstruktur. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi mahasiswa dan pengajar dalam meningkatkan keterampilan menulis akademik yang lebih baik dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Ntuuamahi, S. D. I., & Munir, F. S. (2025). Identifikasi Dan Analisis Kesalahan Umum Dalam Penulisan Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 400–405. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/174