Strategi Efektif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mahasiswa, baik dalam aspek berbicara, menulis, membaca, maupun mendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis berbagai strategi pembelajaran yang telah diterapkan di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi berbasis komunikatif, pendekatan kontekstual, pembelajaran berbasis proyek, serta pemanfaatan teknologi digital terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa. Selain itu, keterlibatan aktif mahasiswa melalui diskusi, presentasi, dan penulisan akademik juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan bahasa mereka. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, diharapkan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi dapat lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.