Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Ventia Kalangit Universitas Pohuwato
  • Pratiwi Samad Universitas Pohuwato

Abstract

Media sosial kini menjadi bagian integral dalam kehidupan siswa dan berpotensi memengaruhi motivasi belajar mereka, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap siswa tingkat menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok dapat meningkatkan motivasi belajar melalui penyajian konten edukatif, interaksi dengan penutur asli, serta akses materi yang menarik dan interaktif. Namun demikian, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi dan mengalihkan perhatian siswa dari pembelajaran formal. Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial perlu dikelola dengan strategi yang tepat agar dapat mendukung proses pembelajaran secara optimal.

Kata kunci: media sosial, motivasi belajar, pembelajaran bahasa Indonesia, siswa.

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Kalangit, V., & Samad, P. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 386–390. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/171

Most read articles by the same author(s)