Efektivitas Metode E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Rukia Wahyudi Universitas Pohuwato
  • Betrisandi Universitas Pohuwato

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan keefektivan pembelajaran Bahasa Indonesia saat daring. Metode Penelitian artikel ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang mendeskripsikan secara rinci serta mendalam dan menghasilkan data berupa kata-kata yang bersumber dari tertulis atau lisan dari penelitian-penelitian sebelumnya yang pernah diamati. E-learning sangat dibutuhkan oleh seorang guru dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian ini dapat diketahui secara langsung bagaimana pemanfaatan E-learning dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pada kenyataannya, hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa pemanfaatan E-learning dalam kegiatan pembelajaran sangat kurang. Pemanfaatan E-learning secara maksimal ternyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta meningkatkan minat peserta didik pada pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 Kata Kunci: Bahasa Indonesia; E-learning; kualitatif

 

Abstrak

The purpose of this article is to describe the effectiveness of online Indonesian language learning. The research method of this article uses a descriptive method with qualitative descriptive analysis techniques. Qualitative research is research that describes in detail and in depth and produces data in the form of words that come from written or oral sources from previous studies that have been observed. E-learning is very much needed by a teacher in learning Indonesian language and literature. The results of this study can be seen directly how E-learning is utilized in learning Indonesian language and literature. In reality, the results obtained from the study showed that the utilization of E-learning in learning activities was very lacking. Maximizing E-learning can actually improve the quality of learning Indonesian language and literature and increase students' interest in Indonesian language and literature lessons.

Keywords: Indonesian; E-learning; qualitative

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Wahyudi, R., & Betrisandi. (2025). Efektivitas Metode E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 554–562. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/199