Efektivitas Metode E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan keefektivan pembelajaran Bahasa Indonesia saat daring. Metode Penelitian artikel ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang mendeskripsikan secara rinci serta mendalam dan menghasilkan data berupa kata-kata yang bersumber dari tertulis atau lisan dari penelitian-penelitian sebelumnya yang pernah diamati. E-learning sangat dibutuhkan oleh seorang guru dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian ini dapat diketahui secara langsung bagaimana pemanfaatan E-learning dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pada kenyataannya, hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa pemanfaatan E-learning dalam kegiatan pembelajaran sangat kurang. Pemanfaatan E-learning secara maksimal ternyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta meningkatkan minat peserta didik pada pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia; E-learning; kualitatif
Abstrak
The purpose of this article is to describe the effectiveness of online Indonesian language learning. The research method of this article uses a descriptive method with qualitative descriptive analysis techniques. Qualitative research is research that describes in detail and in depth and produces data in the form of words that come from written or oral sources from previous studies that have been observed. E-learning is very much needed by a teacher in learning Indonesian language and literature. The results of this study can be seen directly how E-learning is utilized in learning Indonesian language and literature. In reality, the results obtained from the study showed that the utilization of E-learning in learning activities was very lacking. Maximizing E-learning can actually improve the quality of learning Indonesian language and literature and increase students' interest in Indonesian language and literature lessons.
Keywords: Indonesian; E-learning; qualitative
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.