Hubungan Antara Prestasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas II MI. Sentra Cendekia Muslim Balikpapan selatan

Authors

  • Srikanti Wahyu Ningsih MI Sentra Cendekia Muslim

Abstract

Dalam agama Islam telah diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya sendiri dengan sifat kemanusiaan yang sempurna, menjadi manusia shaleh yang berkepribadian muslim, berakhlul karimah, berakidah salimah dan cerdas dalam ilmu pengetahuan. Sementara itu, di sekolah MI Sentra Cendekia Muslim Balikpapan Selatan sebagai sekolah Islam juga mempunyai problema dalam hal akhlak siswa misalnya : nampaknya tindakan krisis moral seperti berani melawan guru dengan sikap yang tidak sopan santun, tidak mematuhi tata tertib, mencuri barang milik temannya, berkelahi dengan temannya sampai cidera dll. Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah suatu proses bimbingan jasmani dan rohani yang berlandaskan ajaran agama Islam yang dilakukan dengan kesadaran untuk mengembangkan potensi anak menuju perkembangan yang maksimal, sehingga terbentuk kepribadian yang memiliki nilai – nilai Islam. Penelitian ini menunjukan hasil ada dan tidaknya hubungan pembelajran Aqidah Akhlak di MI Sentra Cendekia Muslim Balikpapan Selatan dengan akhlak siswa. Sehingga Hipotesa Alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesa Nihil (Ho) diterima yang berarti tidak adanya hubungan positif yang signifikan antara pembelajran Aqidah Akhlak dengan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Sentra Cendekia Muslim Balikpapan Selatan

Keywords : Pendidikan Aqidah Akhlak, Akhlak Siswa.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Ningsih, S. . W. (2025). Hubungan Antara Prestasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas II MI. Sentra Cendekia Muslim Balikpapan selatan. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 504–514. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/192