Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Authors

  • Citrawati Entengo Universitas Pohuwato
  • Marniyati H Botutihe Universitas Pohuwato

Abstract

Lingkungan belajar memiliki peran yang sangat signifikan dalam mendukung kesuksesan akademik mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana berbagai faktor lingkungan belajar berkontribusi terhadap pencapaian akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dari  mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan melalui kuesioner daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang mendukung, seperti tersedianya fasilitas pendidikan yang memadai, atmosfer akademik yang nyaman, serta hubungan yang positif dengan dosen dan teman sebaya, memiliki dampak positif terhadap pencapaian akademik mahasiswa. Sebaliknya, lingkungan belajar yang kurang kondusif, seperti tingkat kebisingan yang tinggi dan kurangnya fasilitas belajar, berpotensi menghambat proses pembelajaran. Oleh karena itu, perguruan tinggi perlu memastikan bahwa lingkungan belajar yang tersedia benar-benar mampu menunjang kebutuhan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik yang optimal.

Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Prestasi Akademik, Mahasiswa, Perguruan Tinggi, Fasilitas Pendidikan

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Entengo, C., & Botutihe, M. H. (2025). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(2), 491–496. Retrieved from https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/190