Kebijakan Bahasa Indonesia dalam Pendidikan Nasional: Peran, Tantangan, dan Strategi Penguatan Identitas Nasional
Abstract
Kebijakan bahasa Indonesia dalam pendidikan nasional memainkan peran penting dalam memperkuat identitas nasional dan meningkatkan kualitas pembelajaran.Indonesia digunakan sebagai bahasa pendidikan di berbagai tingkat pendidikan, sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.Beberapa pedoman utama meliputi penerapan nomor hukum 24 pada tahun 2009, memperkuat kurikulum, mensurvei keterampilan bahasa Indonesia (UKBI) dan meningkatkan kualitas pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, upaya selama internalisasi bahasa Indonesia dilakukan untuk menjadikannya bahasa global yang dapat digunakan di bidang akademik dan khusus di tingkat internasional.Namun demikian, ada banyak tantangan dalam menerapkan pedoman ini, termasuk dominasi bahasa asing di dunia akademik dan profesional, minat rendah dalam melek komunitas, dan kebutuhan untuk pengembangan teknis dan kebutuhan waktu. Oleh karena itu, strategi implementasi yang lebih efektif diperlukan antara pemerintah, pendidik, dan masyarakat untuk memastikan bahwa orang Indonesia tetap menjadi alat utama sistem pendidikan nasional, dan efek sinergis dengan masyarakat.Dengan langkah -langkah yang tepat, kebijakan bahasa Indonesia di dunia pendidikan dapat berkontribusi untuk membangun generasi dengan keterampilan linguistik yang tinggi dan memperkuat identitas rakyat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.